Jumat, 12 November 2021, Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam Jawa Timur (APPTIS Jatim) dan IAIN Madura menyelenggarakan Workshop “Open Access Information” dan Rapat Koordinasi yang bertempat di IAIN Madura. Acara ini dihadiri oleh perwakilan pengurus APPTIS Jatim periode 2019-2023 yang terdiri dari UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN KH. Achmad Siddiq Jember, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, IAIN Ponorogo, IAIN Kediri, IAIN Madura. Acara ini dibagi menjadi dua sesi, pertama yaitu Workshop “Open Access Information” dan kedua yaitu Rapat Koordinasi APPTIS Jatim. Namun karena suatu hal, perwakilan dari UIN KH. Achmad Siddiq Jember belum bisa hadir pada acara tersebut.

Pada sesi pertama, acara ini dibuka oleh Wakil Rektor I IAIN Madura yaitu Bapak Dr. H. Nor Hasan, M.Ag. dan dilanjutkan dengan sambutan panitia, yang dalam ini diwakili oleh Bapak Hairul Agust Cahyono, S.Sos., S.IPI., M.Hum. (Kepala Perpustakaan IAIN Madura). Untuk mempersingkat waktu, acara ini pun langsung dilanjutkan dengan pemaparan dari kedua narasumber. Pertama, yaitu penyampaian materi oleh Bapak Amirul Ulum, S.Sos., M.IP. (Sekretaris FPPTI Pusat) tentang “Peningkatan manajemen perpustakaan sebagai sarana Open Access Information”.  Dalam pemaparannya beliau menjelaskan terkait cara efektif dan efisien dalam meningkatkan manajemen perpustakaan guna menciptakan keterbukaan akses informasi.

Kedua yaitu pemaparan oleh Ibu Novita Dwi Anawati, S.Sos., M.Sc (Pustakawan berprestasi terbaik nasional ke-2). Materi yang disampaikan oleh ibu Novita yaitu terkait Open Access Information Global di era revolusi 4.0. Setelah pemaparan materi oleh kedua narasumber, sesi ini pun ditutup dengan sesi tanya jawab. Pada sesi ini, peserta cukup antusias dalam bertanya, mengingat keterbukaan akses informasi menjadi topik menarik untuk dikaji dewasa ini.

 

Setelah ishoma berakhir, acara ini memasuki pada sesi kedua yaitu rapat koordinasi APPTIS Jatim.  Acara ini dibuka oleh sambutan dari ketua APPTIS yaitu Ibu Dra. Labibah Zain, M.LIS. secara virtual dan pembacaan doa oleh Bapak H. Moh. Mansyur, M,M. (Pustakawan Madya UIN Sunan Ampel Surabaya). Acara berikutnya yaitu sambutan oleh ketua APPTIS Jatim yaitu Bapak Mufid, SS., M.Hum dan dilanjutkan dengan pemaparan laporan pelaksanaan program kerja yang telah diselenggarakan oleh APPTIS Jatim. Setelah pemaparan selesai, Pada kesempatan ini, ketujuh anggota APPTIS Jatim juga berkesempatan mendapatkan akses trial dari Taylor and Francis.

Tidak berhenti sampai disitu, acara ini pun memasuki acara inti yaitu rapat koordinasi pengurus APPTIS Jatim. Di dalam acara ini, para pengurus mengevaluasi dan mempersiapkan kegiatan-kegiatan yang akan direncanakan dan diimplementasikan kedepannya, serta peningkatan manajemen di APPTIS Jatim. Hal ini dilakukan agar APPTIS Jatim dapat memberikan dan meningkatkan kontribusi nyata, baik terhadap internal APPTIS jatim maupun pihak eksternal.