Rabu, 13 Oktober 2021, Divisi Pengembangan SDM APPTIS Jatim menyelenggarakan acara Sinau Bareng. Kegiatan yang direncanakan dilaksanakan secara berkelanjutan ini  ini dimoderatori oleh Bapak Komaruddin, S.Ag., S.S., M.Hum. (Wakil Ketua APPTIS Jatim), dengan narasumber Ibu Novita Dwi Anawati, S.Sos., M.Sc (Pustakawan Muda Unair). Acara yang mengusung tema “Scopus dan Web of Science untuk kajian Bibliometrik” ini dihadiri kurang lebih 60 peserta. Adapun susunan acara yang disampaikan oleh moderator yaitu pembukaan, sambutan oleh Ketua APPTIS Jatim, Penyampaian materi oleh Ibu Novita dan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan penutup.

Dalam sambutannya, Bapak Mufid, S.Ag., S.S., M.Hum. selaku Ketua APPTIS Jatim menyampaikan bahwa acara ini diselenggarakan dengan harapan bahwa dapat menjadi sarana pengembangan kompetensi pustakawan. Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada narasumber yang telah bersedia membagikan ilmunya kepada rekan-rekan pustakawan, khususnya pustakawan di APPTIS Jatim, serta kepada pihak-pihak terkait yang telah membantu terselenggaranya acara ini. Mengingat dewasa ini banyak sekali webinar yang mengusung tema terkait pengembangan ilmu pengetahuan.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dan sharing session bersama Ibu Novita. Ibu Novita Dwi Anawati, S.Sos., M.Sc atau yang sering dipanggil Ibu Novita merupakan pustakawan berprestasi terbaik nasional ke-2 yang memiliki Pendidikan terakhir di Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Gadjah Mada. Dalam kesempatan ini, Ibu Novita menjelaskan bahwa pokok bahasan dalam diskusi ini yaitu menggunakan dua database yaitu scopus dan web of science. Beliau mengenalkan karakteristik e-resources, diantaranya yaitu Indexing Journal, e-journal & e-book, datasheet dan repository. Lebih lanjut, ibu Novita menjelaskan bahwa ketika pustakawan menemui pemustaka yang kebingungan dalam menentukan ide, sebagai pustakawan, kita dapat memberi sugesti/informasi bahwa pemustaka dapat melakukan anallisis tren riset, sehingga pemustaka tidak perlu membaca setiap artikel secara keseluruhan.

Analisis tren riset dalam rangka penemuan ide, dapat menggunakan 2 database berikut (Scopus dan Web of Science). Kehebatan dua database tersebut yaitu dapat digunakan untuk analisis tren riset dengan menggunakan aplikasi bibiliometrik, dimana aplikasi bibliometrik sangat kompatibel dengan dua database tersebut. Lebih lanjut beliau menjelaskan langkah-langkah dalam melakukan analisis tren riset dengan menggunakan database Scopus dan Web of Science. Secara umum database  Scopus dengan Web of Science tidak memiliki perbedaan yang jauh berbeda terkait persebaran mapping. Jika database Scopus milik Elsevier, sedangkan Web of Science adalah milik Clarivate.

Dalam kesempatannya, Ibu Novita juga menjelaskan tentang vosviewer. Apakah itu vosviewer? Vosviewer merupakan software tools yang digunakan untuk analisis data bibliometrik. Penggunaan vosviewer digunakan setelah pengambilan data dari database Scopus yang bertujuan untuk memperdalam analisis tren riset. Berikut merupakan tampilan mapping di vosviewer.

Setelah sesi pemaparan materi telah berakhir, acara ini pun ditutup dengan diskusi antar peserta terkait tantangan pustakawan dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan yang pesat.