APPTIS Jatim– Perpustakaan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) harus terus berbenah dan meningkatkan pelayanan. Hal ini seiring dengan upaya PTKIN menuju World Class University.

Hal tersebut disampaikan Prof. DR. H.M. Zainuddin, MA, Penasehat Asosiasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Islam (APPTIS) Jawa Timur saat sambutan pelantikan pengurus APPTIS Jatim, Selasa (11/08/2020).Wakil Rektor 1 Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim ini berharap perpustakaan PTKIN memiliki fasilitas dan pelayanan seperti pada Perguruan Tinggi di Luar Negeri.

“Di beberapa perguruan tinggi yang saya kunjungi, perpustakaannya memiliki koleksi yang lengkap dan setiap hari dikunjungi oleh ribuan mahasiswa,” tutur Zainuddin dihadapan pengurus baru APPTIS Jatim periode 2019-2023 yang baru dilantik.

Lebih lanjut Zainuddin menuturkan bahwa di Perpustakaan Perguruan Tinggi di luar negeri selain kelengkapan dan jumlah koleksi, layanan yang diberikan dan fasilitas yang bisa dipakai oleh pengunjung juga sangat memuaskan. “Contohnya para pengunjung diberikan fasilitas mengcopy sendiri referensi yang dibutuhkan,” terangnya.

Zainuddin berharap PTKIN khususnya di Jawa Timur bisa bersinergi untuk memberikan layanan yang maksimal kepada civitas kampus. Misalnya dengan sharing informasi koleksi dan silang pinjam antar PTKIN.

Baca juga: Labibah Ajak Pengurus APPTIS Jatim Menggarap PR Besar

Pelantikan pengurus APPTIS Jatim yang dilakukan secara daring selain dihadiri 45 pustakawan yang dilantik, juga dihadiri oleh para dewan Penasehat, Pembina dan dewan Pertimbangan Kode Etik APPTIS dari 7 PTKIN di Jawa Timur. Ketua Umum APPTIS Jatim periode kedua ini adalah Mufid, M.Hum, pustakawan madya sekaligus Kepala Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan Sekretaris Umumnya adalah Ummi Rodliyah, pustakawan Madya dari UIN Sunan Ampel Surabaya.

Selain itu APPTIS Jawa Timur merangkai acara ini dengan Seminar “Creative Commons” dengan narasumber Ari Zuntriana, MA. pustakawan UIN Malik Ibrahim Malang dan dimoderatori oleh Komarudin, M.Hum, Kepala Perpustakaan IAIN Kediri sekaligus Wakil Ketua APPTIS Jatim. (Arifah-IAINTA)